Mas Cipto.

   Alhamdulillah, wa syukrillah.. malam ini malam ketiga bulan Ramadhan 1433 H. Dan untuk kali kedua saya menjalankan ibadah puada di bulan Ramadhan ini di Taiwan. Nun jauh dari negeri asal tercinta Indonesia.

   Tarawih adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan saat bulan Ramadhan, dan untuk malam yang ketiga ini saya bersama beberapa teman-teman kampus memutuskan untuk melaksanakan sholat Tarawih di Masjid Taichung. Keempat teman saya ini, sebenarnya satu angkatan sekolah saya di Asia University, namun mereka belum sempat merasakan Puasa di Taiwan pada tahun sebelumnya karena mereka pulang kembali ke Indonesia.

Tampak depan Masjid Taichung, Taicung County.

Karena jarak yang cukup jauh antara kampus saya dengan Masjid Taichung; sekitar 1 jam perjalanan. Kami memutuskan untuk berbuka puasa di masjid, kemudian diteruskan dengan melaksanakan Sholat Isya dan tarawih.

Di Taiwan ini sebenarnya banyak sekali TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Bisa jadi yang paling banyak di antara Negara Asia Timur yang lain seperti Jepang, Korea, kemungkinan kurang lebih hampir sama dengan TKI yang berada di Hongkong. Sangat menyenangkan bertemu dengan saudara sebangsa ini. Banyak kejadian menarik saat persuaan kali ini. Salah satunya adalah bertemu dengan Mas Cipto, sesuai judul kali ini.

Seperti biasa, saat memasuki waktu Maghrib kami di masjid menyiapkan tempat duduk serta meja untuk membatalkan puasa. Makanan khas di sini saat membatalkan puasa adalah teh dan dengan buah. Banyak sekali buah-buahan, termasuk kurma. Dan kejadian menarik pertama adalah, saat saya dan teman-teman kampus saya duduk di meja beberapa kenalan TKI saya menanyakan, “Mas, temannya pada kemana? Mas sendiri?”. Sambil tersenyum simpul, saya menunjuk teman saya Reja, “Lha itu mas.”. Kemudian kawan saya ini menjawab dengan cepat bahwa dia berasal dari Indonesia. Memang, teman-teman saya yang datang ke masjid kali ini semuanya berasal dari Nangroe Aceh; Serambi Mekah. Dan memang beberapa dari mereka keturunan Arab, Portugis, dan India.

Selesai membatalkan puasa, kami melaksanakan Sholat Maghrib, kemudian kami makan besar di basement masjid. Seusai menyatap makanan khas Taiwan, saya keluar ke halaman masjid dan bertemu dengan salah satu TKI.

Dan perbincangan singkat pun terjadi. Saya berbincang cukup panjang dengam Mas Cipto. Kami bercerita banyak hal, dan satu yang membuat saya terkejut adalah. Sebelum bekerja di Taiwan, (sekarang sudah memasuki bulan ketiga), Mas Cipto ternyata sebelumnya bekerja di Arab Saudi selama 2 tahun. Dan yang lebih mengejutkan dan membuat saya tergetar adalah, ternyata Mas Cipto sudah melaksanakan haji. Subhanallah.. Satu hal yang membuat saya terkejut sekaligus bahagia adalah, walaupun bekerja di Arab Saudi, beliau mau meluangkan waktunya untuk melaksanakan Haji di sana.

Hajar Aswad sedang dikerumuni orang [Courtessy of Wikipedia] –

   Cerita seputar kehidupan Mas Cipto di Arab, mengisi sebagian besar waktu percakapan kami. Bagaimana beliau menceritakan bahwa, di Arab itu ternyata orang-orangnya (Menurut cerita Mas Cipto), memilik ritme kehidupan yang terbalik. Mereka menghabiskan waktu untuk beristirahat di siang hari, dan bekerja dan melakukan aktivitas di malam hari. Dan karena alasan itu pula, menurut Mas Cipto membuat sangat sulit untuk beliau bisa memegang Hajar Aswad.

   Banyak sekali yang diceritakan beliau, tentang perjalanan haji, pekerjaan di sana, karakter orang Arab. Sungguh sangat iri saya, iri yang Insha Allah,  diridho oleh-Nya. Karena saya ingin sekali mengunjungi Tanah Haram. Melaksanakan haji, dan menunaikan Rukun Islam yang kelima.

  Semoga saya bisa menunaikan Ibadah Haji, seperti Mas Haji Cipto… ^^ Insha Allah, amin…

Categories: (INA), Islam (الإسلام), Taiwan (台灣) | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

