A42D Keyboard Broken.

Setelah selesai menuliskan mengenai pengalaman me-recovery file yang di delete secara permanen. Saya baru sadar kalau ternyata kibor saya tidak bekerja dengan baik. Seperti misalnya tombol Home, tombol End, kemudian tombol Delete, tidak berfungsi. Termasuk panah kiri dan kanan.

Awal masalah adalah saat saya tidak bisa menggunakan kombinasi tombol Fn. Namun, hal ini pernah terjadi sebelumnya, dan memang yang terjadi adalah system crash, yang mengharuskan saya menginstall ulang software untuk A42D saya ini. Nah, Tapi untuk yang satu ini, tombol-tombol nakal tersebut sama sekali nggak bisa berfungsi. Oh, God…

Dan dengan diselingin satu buka puasa, dan satu sahur..saya menyatakan bahwa keyboard laptopo saya, khususnya untuk tombol F4, F9  dan Delete, dan beberapa tombol yang laen tidak bisa digunakan lagi.

Kronologis kejadian:

Setelah mengetahui bahwa tombol F4 dan juga tombol F9 tidak bisa digunakan…Saya mencoba kombinasi tombol yang lain. Alhamdulillah, untuk tombol huruf dan angka masih bisa dipergunakan dengan baik. Kemudian saya mencoba sensitifitas tombol kibor dengan menekan secara bersamaan Shift kiri dan kanan, kemudian dikombinasikan dengan tombol huruf dan angka. Langkah-langkahnya adalah dengan menggunakan mengetikkan serangkaian huruf di program notepad dengan mengkombinasikan kedua shift tersebut. Ternyata hasilnya memang sudah tidak sensitif, maklum sudah berusia lebih dari satu setengah tahun.

Karena penasaran dengan “daleman” dari kibor saya berusaha membuka kibor laptop dengan bantuan dua buah pisau, dan hasilnya nihil. Karena kibor laptop saya jenis baru, yang memang tidak bisa dicopot satu persatu.

ASUS A42D Series. (progress in obrak-abrik)

Langkah terakhir adalah dengan mencari kuitansi asli, dan mencoba mencari tahu batas garansi laptop. Voila, struknya ketemu, dan dalam bahasa Cina… (ya iyalaahh, lu beli dimane mas? ^^). Akhirnya, saya harus menemui teman Taiwan saya untuk menanyakan batas garansi, dan hasilnya adalah garansi 2 tahun. Aman. Akhirnya, dengan segala daya usaha, saya bersihlkan laptop saya. Saya ganti cover penutup layar, saya copot baterai dan saya bersihkan dengan lap dan cairan pembersih. Semoga nanti saat kembali ke vendornya, kibor saya bisa diperbaiki seperti semula.

Lanjutan ~

Dan apakah anda tau, setelah 3 hari saya rehat sejenak dari tulisan saya ini, kibor saya masih rusak di bagian kanannya. Singkat cerita, karena saya masukkin ke vendor-nya di daerah Taichung. Jawabnya pertama 1-2 Hari. Eh, Selesai hari pertama, saya telepon kemudian si Mas-nya bilang, besok. Nah, pas udah besoknya, gentian dia yang nelpon bilangnya besok lagi.

Berhubung saya penyabar dan realistis, saya memutuskan untuk segera mengambil laptop saya berhubung ada deadline yang ruarr biasa.

Sekian dan terimakasih….kibor laptop tercinta..maju terus: Merdeka!

*INGET BATAS GARANSI FEBRUARI TAHUN DEPAN, PALING LAMBAT BULAN JANUARI KE SANA LAGI…. ^^

Categories: (INA), Computer | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

